Selasa, September 23, 2008

Raih Doktor Berkat Puisi dan Cerita Anak

Bertempat di Auditorium PPs Unesa, Senin, 22 September 2008 telah diselenggarakan ujian terbuka Prodi S3 Pendidikan Bahasa. Dr. Tri Budhi Sastrio, M.Si., dan Dr. Retnani, M.Pd mulai kemarin berhak menyandang gelar doktor dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra di Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Keduanya merupakan doktor ke-9 dan ke-10 prodi S3 Pendidikan Bahasa & Sastra PPs Unesa. Sampai sekarang Program Pascasarjana Unesa telah meluluskan 49 doktor.Ruang auditorium PPs Unesa penuh oleh undangan. Pada ujian pertama Drs. Tri Budhi Sastrio, M.Si., memaparkan disertasi dengan judul: Poems as Text and Discourse. Penelitian ini bertujuan untuk melacak jejak dan mengekplorasi alusi pada sejumlah puisi. Temuan dari penelitian ini adalah: a) peran alusi terlalu penting untuk diabaikan, b) perangkat alusi sangat komplek, c) teori pragmatik sangat bermanfaat. “Kalau kita benar-benar dapat memahami puisi, maka kepala kita akan pecah,” ujar Prof. Dr. Budi Darma. Untuk memahami puisi kita harus menguasai bahasa, budaya, dan sastra. Dr. Tri Budhi Sastrio, M.Si, merupakan tenaga pengajar di Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

Pada ujian yang kedua, tampil Dra. Retnani, M.Pd., memaparkan disertasi dengan judul: Muatan Filosofi Dalam Tindak Ilokusi Pengandaian Implisit Bahasa Jepang Pada Cerita Anak Mishinotakukanito Karya Matsuoka Kyoko. Simpulan dari penelitian ini adalah pengajaran sejak dini tentang: kesederhanaan, kepatuhan, etika berbahasa, dan berusaha keras/haus ilmu.
Dr. Retnani dilahirkan di Malang 44 tahun silam merupakan dosen di Jurusan Pendidikan Bahasa Asing Prodi Bahasa Jepang FBS Unesa.
Selamat doktor, semoga sukses mengembangkan ilmu.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sukses buat Dr. rtnani dan Dr. Tri Budhi. Semoga gelar doktor membawa berkah. Amin.

Anonim mengatakan...

Sukses buat Dr. Retnani dan Dr. Tri Budhi. Semoga gelar doktor membawa berkah. Amin.